Rabu, 09 Maret 2016

Green Screen atau layar hijau film || CHR

Green Screen
Hai sobat Kali ini kita akan membahas soal Green Screen (Layar Hijau) buat kalian yang mungkin belum mengetahui apa fungsi dan kegunaan Green Screen/Layar Hijau, simak ulasan berikut ini.
Green Screen sebenarnya sudah sejak lama digunakan dalam dunia perfilman hollywood, green screen/layar hijau digunakan untuk memanipulasi background (latar belakang) dari objek utama. Dengan menggunakan green screen objek utama dapat ditempatkan dimanapun sesuka hati hanya dengan manipulasi background. Teknisnya yaitu dengan menghilangkan latar belakang hijau dan menggantinya dengan gambar/video melalui software komputer.
Green Screen selain digunakan dalam film, dalam dunia fotografi green screen juga sangat berguna karena sang fotografer tidak perlu lagi membeli berbagai background yang berbeda, hanya perlu menggunakan green screen dan background (latar belakang) bisa di atur sesuai dengan keinginan.
Tujuan utama dari penggunaan layar hijau adalah untuk menonjolkan objek utama sekaligus melakukan blocking terhadap latar belakang sehingga mudah untuk di edit atau dihilangkan untuk kita ganti dengan gambar lain.
Sebelum Green Screen sebenarnya istilah Blue Screen (layar Biru) terlebih dulu populer dan sering digunakan. Tapi seiring berjalannya waktu, blue screen sudah mulai di tinggalkan dan lebih sering digunakan adalah green screen. mungkin karena editing menggunakan warna hijau, baik itu dalam pemisahan latar dari objek utama maupun saat penetralisiran warna hijau yang tersisa dibagian pinggir objek, akan lebih mudah kita bekerja menggunakan warna hijau ketimbang warna biru. Selain dapat digunakan untuk memanipulasi latar belakang (background) Green Screen maupun Blue Screen juga dapat digunakan untuk memanipulasi Objek Utama dengan memakai green screen atau blue screen pada objek utama.
Hingga sekarang, teknik Green Screen sangatlah sering dipakai. Bahkan tak jarang acara Infotainment, Berita, Talk Show di televisi,  menggunakan teknik editing ini, agar backgroundnya tampak menarik.

Jadi bagaimana sobat apakah kalian berminat menggunakan green screen? mau foto di depan menara eifel tapi gak punya duit buat ke Paris?! atau mau berada dalam satu film yang sama dengan artis hollywood favorit kamu? ataukah buat kamu youtuber ingin membuat sebuah video gameplay/review game dan ingin berada dalam game tersebut? Gak perlu kecewa, dengan adanya green screen semua bisa menjadi kenyataan.
contoh beberapa green screen film.


3 komentar:

Unknown mengatakan...

Gak usah pake green screen. Biar Greget

Unknown mengatakan...

Gak pake green screen. Biar GREGET.

Rangga mengatakan...

Thank you for visiting indra